Holy Sepulchre: Golgota dan Makam Yesus

wisataziarah.com. Situs paling suci agama Kristen ada di Yerusalem.  Sejak tahun 326 M, telah didirikan Gereja Holy Sepulchre untuk meindungi situs paling suci: Golgota/Kalvari dan Makam Yesus.  

 Golgota Tempat Yesus Disalibkan

Church of the Holy Sepulchre. Di dalamnya ada 2 situs terpenting kekristena yaitu Bukit Golgota dan Makam Yesus

“ Sambil memikul salib-Nya, Dia pergi keluar, ke tempat yang bernama Tempat Tengkorak,  dalam bahasa Ibrani: Golgota.  Di situ Ia disalibkan mereka. Bersama dengan Dia disalibkan juga 2 orang lain sebelah-menyebelah, Yesus ada di tengah-tengah.” ( Yoh  19:17-18 ).

Golgota tempat penyaliban Yesus dicatat oleh empat Injil. Ini menunjukkan bahwa penyaliban Yesus adalah peristiwa penting. Harus dibukukan supaya jangan ada menyangkal penyaliban Yesus.

Golgota tempat Yesus disalibkan

 Kematian dan kebangkitan Yesus itu penting. Jika Yesus tidak mati  dan dibangkitkan maka sia-sialah iman kita, demikian kata Santo Paulus. Karena kita percaya ya bahwa kematianNya di salib adalah harga penebusan dosa umat manusia . 

Golgota tempat Yesus disalibkan sampai sekarang masih ada. Ini adalah bukti sejarah. Bisa kita kunjungi untuk memperkuat iman dan menyelami  nilai-nilai pengorbanan dan spiritualitas salib Yesus.

 Kubur Tempat Yesus Dibaringkan 

“Dekat tempat Yesus disalibkan ada suatu taman. Dalam taman itu ada satu kubur baru yang didalamnya belum pernah dimakamkan seseorang.  Karena hari itu hari persiapan orang Yahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ.” ( Yok 19:41-42 )

 Kubur baru tempat jenazah Yesus dibaringkan juga ditulis  secara detail oleh 4 pengarang Injil.  Ini menunjukkan bahwa kubur itu memiliki makna penting.

Kubur Kosong, karena Yesus telah bangkit,  adalah peristiwa penting sehingga harus dibukukan supaya jangan ada menyangkal kebangkitan fisik Yesus. Hingga saat inipun, banyak orang bebal dan tegar hati mengatakan bahwa kebangkitan Yesus itu hanya sebuah simbol. 

Edicule – bangunan yang melingkupi Makam Yesus selama 3 hari sebelum bangkit kembali

Mereka mengataka tidak mungkin seseorang bisa bangkit dengan badannya. Banyaknya upaya untuk menyangkal kebangkitan Yesus dengan badan-Nya sama sekali tidak mempunyai bukti. 

Yesus benar-benar telah bangkit dengan badan-Nya. Dalam penampakkan-Nya kepada Petrus di Danau Galilea, Yesus meminta ikan dan memakannya untuk membuktikan bahwa Dia ada secara fisik. Juga ketika menghibur dua murid yang lagi galau di Emaus. Saat mengadakan perjamuan seperti Perjamuan Terakhir kedua murid menyadari bahwa itu Dia. Segera Ia menghilang. Kedua murid itu menjadi percaya bahwa Yesus benar-benar bangkit dengan badan-Nya. Lewat peristiwa itu, mereka memperoleh kembali iman dan antusiasme. 

Semua murid, kecuali Rasul Yohanes yang meninggal karena usia tua,  berani bertaruh nyawa. Mereka semua menjadi martir untuk apa yang mereka imani. 

 Jelas, peristiwa “kubur kosong” adalah salah satu bukti terkuat bahwa Yesus bangkit seperti yang selalu dikatakannya kepada para muridnya, selain penampakan-penampakan kepada saudara-saudara-Nya..

  Kebangkitan adalah mukjizat   terbesar yang dilakukan Yesus.  Peristiwa itu menunjukkan bahwa Yesus bukanlah manusia biasa. Seseorang yang bisa mengalahkan maut pastilah memiliki kekekalan dalam diri-Nya. Tidak ada yang kekal selain Allah dan Firman-Nya. 

Golgota dan Makam Yesus Zaman  Jemaat Perdana dan Kuil Venus

Orang-orang Kristen awal sangat menyadari pentingnya Golgota dan Makam Yesus itu. Mereka  berupaya menjaga kedua situs itu, berapa pun harganya. .

 Penganiayaan dan persekusi Jemaat Yahudi seperti yang terjadi dalam pembunuhan Stefanus, martir pertama Gereja, sama sekali tidak menyurutkan iman mereka. 

Lukisan St. Stefanus, martir pertama yang meninggal di Yerusalem

Namun karena diusir secara paksa tahun 66 M,  sebagian terbesar dari mereka meninggalkan Yerusalem. Kota itu dan Bait Allahnya pun   dihancurkan tahun 70 M.  Dengan jalan itu pula, Golgota dan Makam Yesus pun tidak lagi mendapatkan perhatian yang memadai. 

Yang lebih mengenaskan, tahun 135 M, Golgota dan Makam Yesus dinajiskan oleh Kaisar Hadrian. Di atas kedua situs tersuci itu dibangun kuil yang didedikasikan kepada Dewa Venus. 

Tujuannya jelas: ingin menggagalkan orang-orang Kristen untuk beribadah dan menghormati kedua situs tersuci itu. 

Kaisar Konstantinus dan Ibunya St. Helena

Tahun 324, Kaisar Konstantinus mengeluarkan Dekrit yang isinya memberikan perlindungan bagi orang Kristen. 

Perlindungan itu terkait dengan penglihatan Salib, simbol kekristenan.  Berkat gambar salib yang dilukiskan pada perisai tentaranya, Konstantinus berhasil mengalahkan Maxentius di Jembatan Milvian – Tiber tahun 312.  

Kemenangan  itulah yang membawa dia menjadi kaisar. Ia sendiri akhirnya meninggal setelah dibaptis menjadi Kristen tahun 337 M. 

Tahun 320, Ibunya, Helena yang sudah menjadi kristen melakukan lobi kepada puteranya untuk memulihkan kembali Golgota dan Makam Yesus, situs tersuci kristiani di Yerusalem. 

Bersama Makarius, Uskup Yerusalem, Helena mengajukan petisi untuk menghancurkan kuil Venus. Tujuannya untuk menemukan kembali Golgota dan Makam Yesus. 

Tahun 326, pembangunan Gereja yang melindungi Golgota dan Makam Yesus mulai dilakukan. Dalam sebuah wadi yang telah ditimbun, Santa Helena dan Uskup Makarius menemukan 3 buah salib yang diduga kuat sebagai Salib Yesus dan 2 penjahat yang juga disalibkan bersama-Nya. 

Sembilan tahun kemudian ( 335 ), Gereja yang dibangun atas rekomendasi  Konstantinus itu diresmikan. 

Gereja yang dibangun masa Konstantinus itu secara populer lebih dikenal dengan nama Holy Sepulchre atau Gereja Makam Suci. 

Holy Sepulchre – Golgota dan Makam Yesus Masa ke Masa

Selain sebagai monumen yang melindungi 2 situs terpenting kekristenan di Yerusalem, Holy Sepulchre juga adalah saksi sejarah perebutan pengaruh dan kekuasaan silih berganti. 

Maket Golgota dan Makam Yesus di dalam Holy Sepulchre

Secara historis bisa dipetakan seperti di bawah ini:

  1. Tahun 33 – 66 : tempat devosi paling monumental jemaat kristen perdana.
  2. Tahun 70 : Yerusalem dihancurkan.
  3. Tahun 135 : Golgota dan Makam Yesus dihancurkan dan di atas reruntuhannya dibangun kuil Venus
  4. Tahun 326 : Holy Sepulchre didirikan
  5. Tahun 638 : Pasukan Islam dibawah pimpinan Khalifah Omar merebut Yerusalem. Dia menolak untuk solat di Holy Sepulchre dengan pertimbangan agar tidak dijadikan tempat sembahyang Islam.
  6. Tahun 966 : Kubah Gereja mengalami kebakaran dalam kerusuhan anti kristen
  7. Tahun 1009 : Holy Sepulchre dihancurkan atas perintah Khalifah Fatimiyah al-Hakim yang sangat fanatik .
  8. Tahun 1042 – 1055 : Kaisar Binzantium Konstantinus mendanai pembangunan kembali Holy Sepulchre dengan membangun pintu masuk sebelah selatan seperti yang ada sekarang ini. 
  9. Tahun 1099 ; Tentara Salib merebut  kembali situs-situs tersuci kekristenan.  Meskipun tapak bangunan gereja dipertahankan, Makam Suci dibangun  bergaya  basilika  barat dan batu karang Golgota diberi Kapel tersendiri. 
  10. Tanggal 15 Juli 1149, Holy Sepulchre ditahbiskan lagi menjadi situs peziarahan kristen. Bentuk umumnya bertahan hingga sekarang.
  11. Tahun 1187 : Tentara salib kalah. Oleh penguasa Islam, pintu bagian kanan yang mengarah ke Kapel Kalvari ditutup. Ambang pintunya sekarang dipamerkan di Museum Rockefaller. Saat ini hanya ada sebuah tangga kecil yang mengarah ke situs tersuci Kalvari. 
  12. Tahun 1808 terjadi kebakaran. Sisa-sisanya masih terlihat di pintunya hingga saat ini. Lalu gempa bumi tahun 1927 menciptakan kerusakan parah pada Holy Sepulchre. Nasib mengenaskan Holy Sepulchre itu dibiarkan begitu saja karena ego berbagai aliran kekristenan yang berbagi kepemilikan atasnya. 
  13. Tahun 1959 Holy Sepulchre, situs paling penting itu baru diperbaiki besar-besaran setelah friksi antara aliran kekristenan ( Katolik, Ortodoks Yunani, Ortodoks Armenia, Suriah, Koptik dan Etiopia ) diakhiri mengalahkan egonya masing-masing. 
Keluarga Nusseibeh – pemegang kunci pintu Gereja Makam Suci

Bahkan pemegang kunci pintu utama Holy Sepulchre diserahkan kepada pihak yang tidak punya kepentingan atas gereja itu. 

Sejak khalifah Aladin, kunci Gereja dipercayakan pada keluarga Nusseibeh yang dianggap sebagai keluarga muslim tertua di Yerusalem. Secara turun temurun keluarga inilah yang membuka pintu gereja di pagi hari dan menutupnya ketika malam tiba.

  1. Tahun 2016: Perbaikan besar terhadap Edicule, situs Makam Yesus. Pengerjaan dipercayakan kepada team  ilmuwan dari National Technical University of Athens.

Holy Sepulchre Saat ini

Dalam injil dikatakan bahwa Yesus disalibkan di bukit Kalvari yang letaknya di luar kota. Itu gambaran Kalvari atau Golgota 2000 tahun silam.

Saat ini, Kalvari itu sudah berada dalam Gereja Makam Suci di tengah pemukiman yang padat dan sempit. 

Pintu masuk utama bisa diakses dari Christian Quarter Rd. Jalan masuk lainnya adalah melalui Dabbaga Rd ( yang diakses dari Souq Khan All Zeit Street atau Mauristan Rd.

Namun bila mengikuti Jalan Salib lewat Via Dolorosa, Anda akan melewati jalan-jalan yang sempit dan pasar yang sumpek dan ramai. 

Anda akan datang dari arah timur tetapi pintu utama Holy Sepulchre sudah ditutup dan dijadikan masjid. 

Anda harus melewati samping kiri dan memasuki Gereja dari arah selatan. 

Stasi ke-10 sampai ke-14 berada dalam Holy Sepulchre. Stasi ke-10 berada di kapel kecil. Anda bisa mencapainya lewat tangga sebelah kanan di depan pintu masuk Gereja. 

Holy Sepulchre Rumah Bagi Ritus Kristiani

Holy Sepulchre dengan sebuah kubah utama yang besar dan satu lagi yang kecil adalah rumah bagi berbagai ritus kristen.

Dalam gereja  itu terdapat 30 kapel dan ruang ibadat. Di tengah keramaian orang yang berlalu lalang, Holy Sepulchre tetap menjadi ruang ibadat yang hidup. Bebatuan kunonya yang kusam penuh dengan aroma dupa, doa, himne, prosesi dan devosi yang kuat. 

Tour Dalam Holy Sepulchre

Kalvari atau Golgota

Pintu utama menghadap ke selatan. Jangan masuk Gereja dulu. Di depan pintu utama, di sebelah kanan ada tangga batu menuju Golgota sekitar 4,5, sejajar dengan batu tempat Kristus disalibkan. 

 Tepat di sebelah kanan ada ruang ibadah kecil yang disebut Kapel Frank. Di sinilah Stasi ke-10,  pakaian Yesus ditanggalkan. 

Kapel  Katolik adalah Stadi  ke-11,  tempat Yesus Dipaku di Kayu Salib.  Di  langit-langit kapel ada medali Kenaikan Yesus dari abad ke-12. Satu-satunya Mosaic Tentara Salib yang masih ada di gedung itu.

 Kapel Yunani adalah Stasiun 12 Yesus Mati di Kayu Salib, penuh dengan hiasan yang didedikasi untuk kematian Putera Manusia. 

 Di antara kedua kapel ada sebuah altar Katolik, namanya Our Lady of Sorrows. Ini adalah Stasi ke-13,  Yesus diturunkan dari Salib .

Sebuah piringan perak di bawah  altar Yunani menandai tempat yang diyakini Salib Yesus berdiri.   Batuan kapur Kalvari dapat disentuh melalui lubang bundar di cakram.  Di sebelah kanan, di bawah kaca, bisa dilihat celah batu.  Beberapa orang percaya celah itu disebabkan karena gempa bumi saat Yesus mati

Makam Yesus Yang Kosong

Peziarahan dapat dilanjutkan lewat tangga curam di  belakang kiri Kapel Yunani mengarah ke lantai dasar. 

 Tiba di lantai dasar, di  sebelah kiri ada batu urapan berwarna  kemerahan yang diapit oleh tempat lilin dan di atasnya ada gantungan  8 lampu. 

wisataziarah.com
Bagian dalam Edicule, tempat jenazah Yesus dibaringkan.

 Batu itu begitu licin karena banyak peziarah yang menciumnya dengan hormat. Di dinding belakang ada mozaik Yunani yang menggambarkan Kristus diturunkan dari salib dan dibersihkan untuk dimakamkan . 

Ke kanan agak  jauh terdapat Rotunda gereja terbuka dikelilingi oleh pilar-pilar besar dan di atasnya terdapat kubah besar. Dinding luarnya berasal dari basilika asli Kaisar konstantinus yang dibangun abad ke-4.  Kubahnya dihiasi dengan 12 semburat cahaya lidah api yang melambangkan para rasul. 

 Tepat di tengah Rotunda ada bangunan batu. Pintunya diapit oleh deretan lilin besar. Inilah makam Kristus, jalan Salib Stasi ke-14. 

 Monumen batu ini membungkus makam yang  diyakini Yesus Kristus dikuburkan selama 3 hari dan bangkit dari kematian. 

 Sebuah survei fotogrametri  berteknologi di akhir abad ke-20 menunjukkan bahwa bangunan yang sekarang berisi sisa-sisa tiga bangunan sebelumnya. Masing-masing membungkus yang sebelumnya seperti satu set boneka Rusia . 

Masih ada kapel-kapel lain yang terdapat dalam Holy Sepulchre. Anda bisa menjelajahinya bila berziarah ke Yerusalem. 
Di sana ada Holy Sepulchre: Golgota dan Makam Yesus

Felix

Seorang Guru SMA, tapi pernah menjadi Tour Leader dan Tour Planer di sebuah biro perjalanan ziarah wisata Katolik. Selain Guru, mendedikasikan diri untuk menjadi seorang Blogger, khususnya ziarah wisata Katolik.

3 thoughts on “Holy Sepulchre: Golgota dan Makam Yesus

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: