Holyland Tujuan Wisata Ziarah Katolik Terpopuler

wisataziarah.com. Holyland adalah kerinduan umat beriman. Di sana ada situs-situs hostoris, saksi bisu sejarah keselamatan. Kami presentasikan Holyland Ziarah  Katolik Terpopuler. Mudah-mudahan menjadi rujukan Anda saat menentukan destinasi ziarah dan wisata Anda.

Dapatkan informasinya di sini sebelum Anda berziarah ke sana.

Holyland – Tanah yang Dijanjikan

Tanah Suci pada zaman Yesus

Holyland adalah wilayah yang dipandang suci. Karena terkait dengan panggilan keselamatan Yahwe, Allah yang Esa kepada Abraham. 

Dalam Kejadian 12:1-2 dikatakan bahwa Abraham diperintahkan TUHAN untuk meninggalkan negerinya, sanak saudaranya dan dari rumah bapanya.

Sebagai imbalan, TUHAN memberikan 3 janji kepada Abraham: 1). Menjadi bangsa yang besar. 2). Memberkatinya dan membuat namanya mashyur. 3). Menjadi berkat. 

Terdorong oleh panggilan TUHAN, Abraham berangkat ke Kanaan dan sampai ke suatu daerah dekat Sikhem. 

Ketika sampai di Kanaan, TUHAN sekali lagi menampakkan diri dan menegaskan, “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” ( Kej 12:7 ). 

Di Sikhem, Abraham mendirikan mesbah bagi TUHAN dan Abraham sendiri memasang kemahnya di antara Betel sebelah barat dan Ai di sebelah timur. 

Dewasa ini, Holyland mengacu pada wilayah meliputi  wilayah danau Tiberias, sungai Jordan dan laut Mati di bagian timur. Sebelah  barat, Holyland dibatasi oleh Laut Mediterania. Di utara dibatasi oleh Sungai Eufrat hingga Teluk Aqaba jauh di selatan. 

Baca juga: Yerusalem Kota Suci Umat Beriman

Tanah Suci: Wilayah Penuh Situs Suci Agama Wahyu 

Selama ribuan tahun, wilayah yang tersebut di atas  dianggap sebagai sebagai Tanah Terjanji. 

Pada zaman Daud, tanah suci menjadi sebuah kerajaan dan Yerusalem menjadi ibu kotanya. 

Representasi Tanas Suci semakin lengkap, ketika Salomo – anak Daud menjadi Raja. Salomo melengkapi Yerusalem dengan  Bait Allah yang megah – Rumah Yahwe yang termanifestasi dalam Tabut Perjanjian. 

Walaupun dalam sejarah sering terjadi pergolakan, wilayah penuh sengketa itu tetap memiliki makna spiritual bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam.

Bahkan bagi orang Yahudi tidak pernah berhenti memandang Yerusalem sebagai satu-satunya kota paling penting dan paling suci di manapun mereka berada.

Tanah Suci juga memiliki makna spiritual bagi umat Kristiani. Di sinilah Yesus Kristus lahir, hidup, berkeliling dari kota ke kota, berkhotbah dan mati di salib sebelum dibangkitkan pada hari ketiga. 

Bahkan Yerusalem dipandang sangat sakral. Di sinilah Dia mengalami pekan terakhir yang  penuh gejolak. Mulai dari penyambutan-Nya sebagai Raja, jam-jam terakhir hidup-Nya  hingga kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke Surga. 

Islam juga memandang nilai religius tanah suci. Dari sinilah tauhid berasal. Mereka mengakui warisan monoteistik dari Yudaisme. 

Yerusalem adalah awal kiblat  umat Islam sebelum dipindahkan ke Mekkah tahun 620-an M. Yerusalem juga  penting karena Islam percaya ini  adalah tempat awal perjalanan Muhamad ke Surga pada malam lailatur qadar. 

Palestina: Holyland Yahudi, Kristen, Islam

foto:davidbena
Tanah Suci saat ini. Sebuah negeri yang mengalirkan susu dan madu bisa dibandingkan dengan wilayah timur tengah lainnya

Tanah Suci kadang-kadang dipanggil dengan nama Palestina. Istilah “Palestina” berasal dari “Filistia”. Orang Yunani menyebutnya  tanah orang Filistin. Pada abad ke-2 M, orang Romawi menggunakan istilah “Syria Palestina” untuk menunjukkan bagian selatan Syria. Dari sinilah  istilah tersebut masuk ke dalam bahasa Arab. 

Pada Abad Pertengahan, istilah Palestina tidak jarang digunakan oleh orang Eropa untuk menyebut tanah yang mereka anggap suci. Bahkan waktu, holyland ziarah katolik menjadi obsesi orang-orang Eropa.

Pentingnya Tanah Suci bagi umat Kristen Eropa membuat Paus Urbanus II menyerukan Perang Salib Pertama. Ribuan orang Kristen yang taat menjawab panggilan itu. Mereka ingin bergabung bukan hanya untuk berperang tetapi juga untuk berziarah ke holyland ziarah katolik terpenting itu.

Holyland Tujuan Wisata Ziarah Katolik Terpopuler

Sabda dan karya Yesus, Firman a yang Menjadi Daging 2000 tahun silam masih bergema dari tembok-tembok kusam situs paling penting agama Kristen. Holyland ziarah katolik tetap menjadi impian banyak orang beriman.

Yerusalem

Tentu saja objek paling utama adalah Yerusalem. Kota yang terletak di Bukit Sion ini adalah tempat paling suci bagi Yahudi, Kristen dan Islam.

Bagi kekristenan, Yerusalem menyimpan objek-objek saksi sejarah karya Yesus selama Dia menjadi Manusia dan tinggal di antara manusia.

Holy Sepulchre, basilika yang menampung Bukit Kalvari dan Kubur baru, tempat jenazah Yesus dibaringkan. Kita temukan di Yerusalem lama. 

Anda dapat menapak-tilasi Jalan Salib Yesus – Via Dolorosa, mulai dari Gereja Ecce Homo yang merupakan bekas istana dan pengadilan Pilatus hingga dalam Gereja Makam Suci. 

Betlehem

Betlehem – kota kelahiran Yesus

Kelahiran-Nya di kandang dapat Anda saksikan di Gereja Nativity di Betlehem. Di gereja yang tampak tua, lembab dan kuno, kita bisa menyentuh tempat Yesus – Imanuel dilahirkan dari rahim seorang perawan Maria.

Betlehem saat ini berada dalam wilayah otoritas Palestina. Walaupun pengikut Kristus semakin sedikit di Betlehem, tempat paling suci itu tetap menyuarakan peristiwa historis Inkarnasi, Sabda Sudah Menjadi Manusia dan Tinggal di Antara Kita. 

Danau Genasaret

Danau Galilea: Yesus pernah meredakan angin taufan dan berjalan di atas air di sini

Genasaret atau danau Galilea yang berada di utara Holyland adalah tempat yang penting. Bukan saja karena Yesus memanggil para murid-Nya di danau ini. Tetapi ada banyak peristiwa sejarah penyelamatan yang terjadi di tempat ini.

Dewasa ini, Genasaret atau Tiberias, tetap menjadi objek paling penting bagi Israel modern. 

Bukan saja menjadi sumber air minum. Tapi juga menjadi sumber pengairan bagi agribisnis Israel yang modern dan canggih. 

Di tepi danau ini terdapat beberapa situs kristiani. Mulai dari Gereja yang didirikan untuk mengenangkan penggandaan 5 roti dann 2 ikan untuk mengenyangkan 5000 orang laki-laki, belum terhitung perempuan dan anak-anak. Tidak cukup mengunjungi Yerusalem dan Betlehem. Anda harus mengunjungi Danau Tiberias di holyland ziarah katolik ini.

Gereja St. Petrus juga didirikan di sini untuk mengenang pertanyaan Yesus kepada Petrus, “Simon bin Yunus, apakah engkau mencintai Aku lebih dari segala sesuatu?”

Pertanyaan itu begitu mencekak mengingat peristiwa penyangkalan Petrus pada malam penyekapan Yesus di rumah Imam Besar Kayafas di Yerusalem. 

Ada juga Kapernaum, salah satu kota yang selalu muncul dalam Injil. 

Masih banyak situs-situs lain. Semuanya bisa kamu dapatkan informasinya di blog ini. 

Baca juga: Holy Sepuchre – Gereja Tersuci dan Terpenting Kriastiani

Felix

Seorang Guru SMA, tapi pernah menjadi Tour Leader dan Tour Planer di sebuah biro perjalanan ziarah wisata Katolik. Selain Guru, mendedikasikan diri untuk menjadi seorang Blogger, khususnya ziarah wisata Katolik.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: