Incredible of Flores: Highlight 10 Best Tourist in the West

wisataziarah.com. Bukan karena murah. Tapi karena indah dan eksotis. Simaklah tempat wisata Flores dalam Incredible of Flores: Hinghlight 10 Best Tourist in the West. Jadikan destinasi wisata Anda berikutnya.

Pulau Flores memiliki objek wisata yang sangat-sangat komplit. Potensinya sangat besar dan kalau dikelola secara baik akan mendatangkan berbagai keuntungan bukan saja bagi pemerintah tapi juga bagi warga Flores itu sendiri.

Varanus Komodoensis  di barat hingga Lamalera di timur menjadikan Flores bagai bidadari yang cantik jelita.

Flores dianugerahi sumber-sumber daya pariwisata yang komplit. Mulai dari kehidupan bawah laut yang beranekaragam, pantai berpasir putih yang indah, hewan yang langka dan tak ada duanya, danau-danau yang indah dan unik  hingga peradaban ( kampung, ritual dan kesenian ) yang masih terjaga secara baik.

Kesemuanya itu kami sajikan untuk Anda dalam tulisan ini: Incredible of Flores: Highlight 10 Objek Wisata Manggarai dan Ngada

Tempat Wisata Flores: Komodo

Bersama pulau Rinca, Pulau Komodo adalah habitat alam liar, kadal raksasa purba,  Varanus Komodoensis,  atau yang lebih dikenal dengan Komodo, sesuai nama yang ditransformasi ke habitat.

Ketika anda ke Komodo, jangan lewatkan beberapa tempat wisata yang bisa memperkaya dan memperkuat ingatan anda akan wisata Komodo. Jadi, bila anda berencana wisata ke Komodo, siapkan sarana-sarana pendukung yang memadai, seperti alat perlengkapan berenang dan snorkel.

Komodo bukan hanya ada buaya darat Komodo. Di sana ada pantai pink, spot diving yang menantang dan view Pulau Padar yang menawan.

Jadi, bila ke Taman Nasional Komodo, jangan hanya lihat comodo dragon. Bila tidak tertarik dengan diving, minimal kamu bilang ke pemandu wisatamu untuk mengunjungi Pantai Pink dan view Pulau Padar.

Sudah pasti, bila ke Komodo, kamu bakal menginap di Labuan Bajo, sebuah kota yang sedang menggeliat mempercantik dirinya.

Jangan lupa kunjungi pantai Pede, Goa Cermin dan Bukit Cinta. Tentang ketiganya, kamu bisa tanyakan langsung ke pemandu wisata kamu.

Danau Sana Nggoang dan Lingko

Dari Labuan Bajo, anda dapat mengambil paket Flores overland untuk menyinggahi beberapa tempat wisata Flores sekaligus. Dalam perjalanan ke Ruteng, anda bisa mengunjungi Danau Sana Nggoang  untuk menyaksikan keidahan danaunya serta koloni burung yang hanya ada di Flores. Di Cancar, anda bisa menyaksikan  lingko , yaitu sistem pembagian tanah khas suku Manggarai yang ditarik dari satu titik pusat sehingga membentuk pola tanah pertanian mirip sarang laba-laba.

Ruteng adalah ibu  kota kabupaten Manggarai. Pada musim tertentu, Ruteng (bersama Bajawa) udaranya bisa sedingin puncak Bromo. Karena itu, jika anda berencana mengunjungi Ruteng, anda harus mempersiapkan diri secara cermat.

Ruteng adalah starting point untuk wisata anda ke kampung tradisional Wae Rebo dan situs manusia purba homo floresiensis – Liang Bua.

Tempat Wisata Flores: Kampung Wae Rebo

Wae Rebo adalah sebuah kampung kecil yang terletak di pegunungan berhutan lebat. Berada di ketinggiang 1200 meter dpl dan dikelilingi hutan lebat, kampung Wae Rebo menawarkan romantisme masa lalu bagi orang-orang zaman ini yang hidupnya dikuasai oleh gaya hidup massal, instan dan artifisial.

Dengan menggunakan kendaraan, kampung ini dapat dijangkau dalam waktu 3-4 jam dari Ruteng ke arah selatan. Kampung Wae Rebo sangat recomended untuk dikunjungi karena di kampung tradisional ini masih berdiri dengan kokoh tujuh rumah tradisional Mbaru Niang. Rumah ini berhasil meraih Award of Excellence yang diprakarsai oleh Unesco dalam kaitannya dengan upaya pelestarian warisan budaya. Dalam award itu, Mbaru Niang berhasil mengalahkan 42 kandidat lainnya dari 11 negara dan dewasa uni semakin dikenal oleh turis manca negara.

Kampung Wae Rebo

Dalam perjalanan dari Ruteng ke Wae Rebo atau sebaliknya, jangan lewatkan objek wisata lainnya, yaitu Ulu Mumbu, sumber panas bumi yang saat ini sudah dikembangkan menjadi sumber tenaga listrik. Menurut penelitian panas bumi Ulu Mumbu mampu mencukupi kebutuhan listrik untuk NTT dan NTB.

Situs Liang Bua

Salah satu tempat wisata Flores yang tidak boleh dilewatkan. Situs ini terletak di desa Rampasasa, Ruteng. Liang Bua atau gua dingin adalah sebuah gua alami dengan oanjang 50 meter, lebar 40 meter dan tinggi 25 meter. Karena ukurannya yang besar, gua ini pernah digunakan sebagai tempat ibadat dan sekolah.

Liang Bua bisa dicapai dari Ruteng menuju Kuwus, pusat persekolahan Santo Klaus lalu terus menurun ke arah utara. Liang Bua layak dikunjungi karena pada kedalaman 6 meter ditemukan kerangkan manusia purba atau hominin.

Hominin yang kerangkanya ditemukan di Liang Bua adalah hominin cebol dan disebut hobit. Setelah direkonstruksi, hobit itu tingginya hanya 60 cm dan beratnya hanya 25 kg. Ukuran kerangka otaknya hanya 430 cc ( bandingkan dengan manusia normal yang memiliki volume otak 1.400 cc). Penemuan itu menggemparkan komunitas arkeolog dunia karena menampilkan jenis manusia purba yang lain dari yang sudah dikenal saat ini serta memberikan perspektif baru bagi dunia arkeologi secara umum.

Karena karakter unik tersebut, manusia purba itu diberi nama baru, Homo Floresiensis sesuai dengan asalnya, yaitu dari Flores.

Danau Ranamese

Dari Ruteng, anda dapat meneruskan perjalanan ke arah timur menuju Bajawa. Anda akan melintasi hutan hujan tropis pada deretan pegunungan Ranaka. Dalam hutan, tidak jauh dari  jalan trans-Flores sebelah kiri terdapat satu objek wisata yang cukup menarik, Danau Ranamese.

Dikelilingi hutan yang lebat dan air yang biru menghijau, Ranamese memberik kesan mistis yang kuat bagi para pengunjungnya.

Selanjutnya, Anda pasti  menyinggahi Borong, ibokota kabupaten Manggarai Timur. Kota di bibir pantau laut Sawu ini memiliki objek wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi warga setempat.

Danau Ranamese

Tidak ada salahnya, sejenak Anda bisa ber-swafoto di sini. Cuma 7 menit dari jalan trans Flores sebelum menuju Kisol, pusat perekolahan Seminari, sebuah lembaga pendidikan yang khusus mempersiapkan anak-anak Flores menjadi Pastor atau imam dalam Gereja Katolik.

Pantai Mbolata dan Mausui

Setelah melewati perkebunan warga lokal, Anda akan disuguhkan padang terbuka menuju pesisir selatan.

Ya, Anda telah tiba di Wae Lengga. Di sini ada tempat wisata Flores yang berupa wisata pantai yang cukup eksotis. Namanya, Pantai Mbolata dan Mausui, dua pantai dari sekian banyak tempat wisata Flores.

Pemandangan yang ditawarkan pantai ini sangat spektakuler. Lautnya biru bersih dengan pantai berpasir. Daratannya terdiri dari padang rumput yang maha luas bak permadani raksasa. Padang rumput ini memang dibiarkan secara alami karena penduduknya memelihara ternak. Di arah utara timur laut berdiri kokoh Gunung Inerie dengan segala kemegahannya.

Dijamin Anda tidak akan menyesal mengunjungi objek wisata yang satu ini. Karena Anda bisa mengambil gambar yang terbaik yang ditawarkan objek wisata ini.

Bajawa Kota 1000 Bukit

Dari Wae Lengga, Anda menuju Aimere. Penduduk sepanjang perjalan Aimere sudah lama dikenal sebagai pembuat arak yang handal. Ini adalah minuman berakhohol hasil sulingan air dari bunga lontar. Selanjutnya, Anda bersiap-siap untuk pusing karena perjalanan menuju Bajawa penuh kelokan ke kiri dan ke kanan dengan sedikit sekali jalan yang lurus.

Namun, jangan khawatir. Karena Anda disajikan pemandangan alam yang indah. Di sebelah timur ada Gunung Inerie yang ditopang perbukitan berkontur kekar berotot dan di selatan terbentang laut Sawu sebagai kaki langit yang mahaluas.

Bajawa adalah kota di pegunungan yang seru di beberapa bukit. Suhu udaranya sangat dingin dan merupakan titik awal untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Flores. Kampung tradisional Bena di sebelah selatan dan pemandian air panas alami So’a dan taman laut Riung di bagian utara kabupaten Ngada.

Bila Anda tiba siang hari, sempatkan diri Anda untuk mengunjungi Pasar Bajawa. Di sana Anda akan menemukan mama-mama Bajawa yang sangat welcome dan penuh senyuman di bibir mereka.

Bila tertawa Anda akan melihat deretan gigi mereka yang hitam pekat. Namun jangan takut. Itu terjadi karena mama-mama di Ngada suka makan sirih pinang.

Selain selain sebagai sarana interaksi social, sirih pinang adalah “odol” tradisional. Orang Ngada tidak mengenal budaya sikat gigi. Namun untuk menjaga kesegaran napas dan kesehatan gigi, mereka sudah dibiasakan makan sirih pinang sejak memasuki masa akil balik.

Jangan lupa kopi bajawa yang sudah terkenal hingga manca negara. Anda bisa menikmatinya di café-café di Bajawa.

Bukit Wolobobo dan Watu Nariwowo

Bajawa adalah titik awal untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Flores di sekitar Bajawa. Anda bisa mulai dari Wolobobo.

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi objek ini adalah pagi-pagi sebelum matahari terbit atau sore menjelang matahari terbenam.

Wolobobo adalah sebuah bukit yang relatif lebih tinggi dari bukit-bukit lain di negeri seribu bukit – Ngada. Dari bukit ini, Anda bisa menikmati keindahan Ngada – negeri yang diciptakan Tuhan ketika sedang tersenyum.

Pemandangan yang ditawarkan super duper indah. Di timur ada gunung Ebolobo, hamparan lembah yang menghijau, di selatan adan gunung Inerie dengan bukit Nariwowo di sebelah baratnya yang dilatar belakangi laut Sawu nun jauh di sana.

Dari Wolobobo, perjalanan dapat Anda lanjutkan menuju kampung Langa untuk mengunjungi Watu Nariwowo. Bukit ini menyajikan pemandangan nyaris seperti bukit avatar.

Kampung Bena – Air Terjun Ogi dan Air Panas Soa

Dari Watu nariwowo, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata Flores, yaitu Bena. Sebuah kampung tradisional suku Ngada yang masih dipertahankan secara baik. Kampung ini berjalak kurang lebih 25 km ke arah selatan Bajawa. Berada dikampung itu, seolah-olah anda dibawa oleh mesin waktu ke beberapa ratus tahun yang lalu. Menurut tradisi lisan rakyat setempat, kampung Bena sudah dihuni sejak 1.200 tahun yang lalu.

Sebetulnya masih ada beberapa kampung tradisional yang terawatt dengan sangat baik. Ada kampung Tolo Lela yang barat daya Bena,

Bila memiliki waktu yang cukup Anda bisa berendam air panas alami di Mala Nage.Namun bila tidak, Anda bisa berendam nanti di Waepana – Soa.

Objek wisata air panas So’a berada di arah timur laut Bajawa. Walaupun fasilitasnya masih sangat minim, Wae Bana So’a  cukup manarik untuk  dikunjungi karena airnya jernih dan  tidak mengandung bau belerang sama sekali. Berendam di kolam itu memiliki sensasi tersendiri sehingga anda bisa lupa waktu.

Tempat Wisata Flores: Taman Laut 17 Pulau Riung

Dari So’a, perjalanan dilanjutkan ke utara menuju Riung yang memakan waktu kurang lebih 4 jam.

Riung terkenal dengan Taman Laut 17 Pulau-nya. Menariknya, untuk menikmati keindahan bawah laut yang belum terkena polusi, anda tidak perlu diving atau snorkelling.

Dari atas perahu, anda dapat menikmati keindahan bawah lautnya. Konon, dalam ukuran tertentu, objek wisata ini jauh lebih unggul dari Bunaken di Sulawesi Utara yang sudah terkenal itu. Pada sore hari anda dapat menyaksikan ribuan kelelawar yang meninggalkan perdauannya untuk memulai aktivitasnya.

Felix

Seorang Guru SMA, tapi pernah menjadi Tour Leader dan Tour Planer di sebuah biro perjalanan ziarah wisata Katolik. Selain Guru, mendedikasikan diri untuk menjadi seorang Blogger, khususnya ziarah wisata Katolik.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: